Lebih 700 Mahasiswa UMBY Deklarasi Sumpah Pemuda

Mahasiswa Psikologi Univertsitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar malam keakraban (makrab) yang diikuti sekitar 700 mahasiswa baru di Sekitar Candi Prambanan, Sabtu (27/10/2018) malam. Kegiatan ino diselenggarakan dengan tujuan menjalin persaudaraan, para mahasiswa mendeklarasikan sumpah pemuda untuk mengingatkan kembali akan adanya peristiwa Sumpah pemuda 28 Oktober 1928.

Dekan Psikologi, Anwar, M.Psi, psikolog mengatakan mahasiswa Mercu Buana Yogyakarta berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang mencerminkan Keindonesiaan. Hal tersebut menjadi perhatian pihak kampus untuk kemudian terus menjaga warna-warni Kebhinekaan demi membangun Indonesia.

 

“Mahasiswa UMBY terdiri dari 34 Propinsi di wilayah Indonesia harus berperan aktif dalam menjaga keutuhan bangsa. Kami berharap ada andil dari mereka dalam melaksanakan pembanguan, dengan menjadi mahasiswa yang berbudi luhur dan berprestasi di berbagai bidang,” ungkapnya.

Pembacaan naskahsumpah pemuda yang menyatakan satu Nusa, satu Bangsa dan satu Bahasa dilakukan dengan nuasa semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Pembacaan naskah sumpah pemuda diiringi lagu nasional serta kobar api unggun yang diartikan sebagai semangat yang pembara untuk terus membangun dan memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia.

“Kami berharap teman-teman tidak hanya sekedar menjalin persatuan dan kesatuan, namun menyadarkan semua pemuda bahwa kita semua memiliki peran penting dalam perubahan bangsa. Maka dari itu sebagai mahasiswa baru harus ikut membangun Indonesia dengan belajar sembari berkarya. Karena menjadi pemuda harapan bangsa adalah cita yang mulia yang harus dimiliki setiap pemuda,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *