UMB Yogya tambah Doktor baru lagi

Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta tahun 2018 ini menambah Doktor baru, yakni Dr. Sri Muliati Abdullah, S.Psi, MA. Bu Lia panggilan akbrabnya merupakan doktor yang ke-15 di Mercu Buana Yogyakarta.  Gelar Doktor ini diperoleh dari dari Universitas Gadjah Mada (UGM), setelah berhasil diraih setelah mampu mempertahankan disertasinya dengan judul judul “A Multiple Career Crafting Model : Kontruksi Karier di Era Baundaryless Workplace” dalam ujian terbuka dengan promoter Prof. Dr Tina Afiatin, M.Si, Fathul Himan, M.Psi, MA, Ph.D serta Dr Avin Fadila Helmi, M.Si Rabu (25/7/2018) Psikologi UGM.  

Sedangkan untuk Dewan penguji terdiri dari Prof.Dr. Fathurrohman, MA, Achmad Sobirin, MBA, Ph.D, Dr Setiadi, M.Si, Dr. Bagus Riyono, MA dan IJK Sito Meiyanto, Ph.D. Disertasi Sri Muliati Abdullah mengkaji hadirnya teknologi internet pada revolusi industri 4.0 dan kondisi pasar kerja global memunculkan suatu era baru dalam pasar kerja yaitu era boundaryless workplace. Era ini melahirkan peluang sekaligus tantangan baru dalam berkarier. Jalur karier non konvensional menawarkan adanya kebebasan dalam mengarahkan dan mengelola karier dan fleksibilitas kerja tanpa dibatasi ruang dan waktu. Untuk dapat memenuhi harapan karier dan mencapai konsekuensi positif berkarier, diperlukan proses konstruksi karier.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Sri Muliati Abdullah dengan metode grounded theory pada 20 orang generasi Y menghasilkan sebuah teori A multiple loops career crafting model: Konstruksi karier di era boundaryless workplace. “Teori ini menghasilkan rumusan tesis bahwa Proses konstruksi karier di era boundaryless workplace merupakan proses pembelajaran berulang untuk mewujudkan harapan dengan mencipta suatu karier yang bercirikan keunikan, pengembangan diri berkelanjutan, berperspektif digital-global, berkolaborasi, dan fleksibilitas sehingga dapat tercapai kebahagiaan karier” tegasnya ibu dua anak ini. Tampak hadir dalam ujian terbuka, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si, MM (Rektor UMBY) dan Dr Kamsih Astuti (Dekan Psikologi UMBY)  serta dosen-dosen dari program studi Psikologi UMBY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *